Jakarta (ANTARA News) - Chinese Taipei berhasil menundukkan Hong Kong 98-67 dalam laga lanjutan penyisihan Grup C bola basket putra Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin.

Kemenangan itu diraih berkat permainan klinis yang ditampilkan barisan pemain Taipei, terbukti lewat tingkat akurasi lemparan dua angka 59 persen, tembakan tripoin 46 persen dan lemparan bebas 52 persen.

Sebaliknya, Hong Kong hanya bisa mencatatkan akurasi seluruh tembakan 38 persen sepanjang laga.

Forward Taipei, Liu Cheng, jadi penyumbang angka terbanyak dalam kemenangan timnya lewat 21 poin dan 8 rebound, diikuti Chen Kuanchuan 14 poin, Hu Longmao 12 poin dan kapten tim Chen Yingchun 10 poin.

Sementara di kubu Hong Kong, Adam Xu, Leung Shiu Wah dan Tsai Choi Kwan jadi tiga pemain yang melampaui raihan dua digit poin, masing-masing lewat 16 poin, 12 poin dan 12 poin.

Baca juga: Basket putri China bekap Mongolia 110-36

Baca juga: Disaksikan pejabat Utara-Selatan, Korea gilas India 104-54


Taipei memulai laga dengan baik dan mengungguli Hong Kong 11-4 lewat sebuah lay up dari Liu Cheng di sisa waktu 5 menit 21 detik kuarter pertama. Upaya Hong Kong mengejar tak membuahkan hasil positif menutup kuarter pertama dalam keadaan tertinggal 13-24.

Tebalnya tembok pertahanan Taipei membuat Hong Kong kian kesulitan mencetak angka di kuarter kedua, mereka hanya memperoleh 10 poin tambahan. Sebaliknya, Taipei yang mengantongi 21 poin tambahan mengakhiri paruh pertama pertandingan dengan keunggulan 45-23 atas Hong Kong.

Hong Kong memang lebih terlihat hidup di paruh kedua pertandingan, mencetak 19 poin di kuarter ketiga dan 25 poin di kuarter pamungkas, namun Taipei menjawabnya dengan total 53 poin tambahan di kedua kuarter demi memastikan kemenangan 98-67 saat bel tanda laga usai berbunyi.

Selanjutnya, Chinese Taipei akan melakoni laga pamungkas mereka pada Sabtu (25/8) menghadapi Qatar, tiga hari setelah Hong Kong memainkan pertandingan penyisihan grup terakhirnya melawan Jepang.

Baca juga: Jadwal basket hari ini, tantangan putri China dan pembuktian putra Indonesia

Baca juga: Empat atlet Jepang dipulangkan karena masalah disiplin

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018