Jakarta (ANTARA News) - Empat pegulat asal Indonesia berjuang merebut medali emas pada hari ketiga pelaksanaan cabang olahraga gulat Asian Games 2018 yang berlangsung di Assembly Hall, JCC Jakarta, Selasa.

Masing-masing atlet yakni, Desi Sinta yang turun di nomor "freestyle" (gaya bebas) putri kelas 68 kg dan Ridha Wahdaniyaty Ridwan di kelas 76 kg, sedangkan di nomor grego putra akan turun Hasan Sidik di kelas 60 kg serta Muhammad Aliansyah di kelas 67 kg.

Meski berat, namun peluang Indonesia di cabang olahraga ini bukan tanpa harapan, terlebih tuan rumah turun di seluruh kelas dan nomor, yakni gaya bebas putra dan putri masing-masing enam atlet, ditambah enam atlet dari gaya grego putra.

Hari ini, peluang Desi Sinta melangkah ke babak final harus melalui pertarungan melawan pegulat asal Chinese Taipei, Wenling Chen, di babak perempat final.

Jika mampu menang maka akan bertemu pemenang antara pegulat Mongolia Tumentsetseg Sharkhuu dan Divya Kakran asal India di semifinal.

Peluang lainnya yakni Ridha Wahdaniyaty Ridwan yang harus melewati babak perdelapan final melawan Aiperi Medetkyzy asal Kyrgyzstan, kemudian jika lolos maka sudah ditunggu Kiran asal India di babak perempat final.

Di nomor grego putra, Hasan Sidik harus mampu melewati hadanan Shinobu Ota asal Jepang di babak perdelapan final, lalu jika meraih hasil positif akan menghadapi pemenang antara Mehrdad Mardani asal Iran dan Seunghak Kim asal Korea Selatan di partai perempat final.

Di nomor sama, tapi kelas berbeda, pegulat andalan "Merah Putih", Muhammad Aliansyah harus bertarung di babak perdelapan final melawan pegulat Korea Utara Myong Chol Kim, kemudian jika menang maka ditunggu pemenang antara Gaoquan Zhang asal China dan Mubinjon Akhmedov asal Tajikistan.

Sementara itu, jika empat wakil Indonesia gagal bersaing memperebutkan medali emas maka masih ada kesempatan berebut medali perunggu di babak "repechage", yakni saling bertarung pegulat yang kalah, tapi dengan catatan lawannya yang dihadapi saat babak sebelumnya mampu lolos ke tahapan berikutnya.

Di babak ini terdapat dua medali perunggu yang diperebutkan, dan seluruh pegulat negara peserta memiliki kesempatan sama untuk mendapatkannya, termasuk pegulat yang lolos ke babak semifinal, tapi gagal menembus final.

Total hari ini terdapat empat medali emas yang diperebutkan, empat medali perak dan delapan medali perunggu dari dua nomor dan empat kelas, yakni nomor gaya bebas putri kelas 68 kg dan 76 kg serta gaya grego putra kelas 60 kg dan 67 kg.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018