Jakarta (ANTARA News) - Tim China mengantongi medali emas pertama nomor 4x100 meter gaya ganti estafet campuran dalam final Asian Games 2018 yang diselenggarakan di  Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Rabu malam.

Kuartet China perenang putra Xu Jiayu, perenang putri Zhang Yufei, perenang putra Yan Zibei dan perenang putri Zhu Menghui mencatatkan waktu sekaligus menjadi rekor baru tiga menit 40,45 detik untuk nomor yang baru kali ini dilombakan di Asian Games itu.

Xu Jiayu yang berenang dengan gaya punggung mengawali dengan baik dan mencatat waktu 52,30 detik. Posisi pertama dipertahankan oleh perenang kedua Yan Zibei dengan gaya dada yang membukukan waktu 58,45 detik.

Namun, Zhang Yufei yang berenang di urutan ketiga dengan gaya kupu-kupu tidak mampu mempertahankan posisi pertama dengan catatan waktu 56,61 detik. Zhu Menghui memacu kecepatannya saat berenang dengan gaya bebas sehingga timnya dapat meraih posisi pertama.

Sementara itu, kuartet Jepang membawa pulang medali perak karena 0,76 detik lebih lambat dari China dengan catatan waktu tiga menit 41,21 detik.

Tim Korea finis di urutan ketiga dengan torehan waktu tiga menit 49,27 sehingga harus puas membawa pulang medali perunggu.

Kuartet Indonesia yang dibela perenang I Gede Siman Sidartawa, Anandia Evato, Glenn Victor Sutanto dan Patricia Yosita Hapsari yang berlaga dalam nomor itu finis di urutan keenam dengan catatan waktu tiga menit 55,37 detik.

Baca juga: Empat wakil Indonesia melangkah ke final cabang renang

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018