Jakarta (ANTARA News) - Pertandingan antara Korea Selatan melawan Filipina bakal membuka jadwal rangkaian perempat final bola basket putra Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin.

Pertemuan antara jawara Grup A Korsel kontra runner-up Grup D Filipina tak ubahnya pertarungan pengaruh Ricardo Ratliffe dan Jordan Clarkson, dua alumni tim NCAA Missouri Tigers. Ratliffe kini membela dan menjadi pilar utama Korsel di Asian Games 2018, sebaliknya Clarkson melanjutkan kiprahnya membela negara kampung halaman ibundanya.

Laga Korsel kontra Filipina dijadwalkan diawali lemparan pemula pada pukul 10.00 WIB.

Peraih perak 2014, Iran, akan melakoni laga perempat final kedua --yang juga pertandingan kedua mereka di ajang Asian Games 2018-- menghadapi Jepang mulai pukul 12.30 WIB.

Iran tentu mendapat keuntungan lantaran roster Jepang hanya tersisa delapan pemain saja, berkaitan dengan skandal penggunaan jasa PSK oleh empat pemain. Namun Iran yang baru main sekali sepanjang turnamen tentu masih belum menemukan kebugaran pertandingannya secara penuh.

Baca juga: Hasil perempat final basket putri, tak ada kejutan

Selanjutnya, Chinese Taipei akan menghadapi Suriah di laga perempat final ketiga. Taipei yang untuk kali pertama bisa memimpin di fase penyisihan grup dihadapkan pada tantangan besar dari Suriah.

Secara kebugaran pertandingan Taipei yang sudah memainkan tiga pertandingan di penyisihan Grup C tentu jauh lebih siap ketimbang Suriah, dan bisa saja mereka melanjutkan kiprah mereka mencetak sejarah baru dalam pertandingan yang dimulai pukul 16.00 WIB.

Di laga perempat final pamungkas, terdapat jawara Grup D, China, menghadapi tuan rumah Indonesia selaku runner-up Grup A. Arki Dikania Wisnu di atas kertas berpeluang tipis menang atas China, namun mereka tentunya akan memberi perlawanan terbaik untuk setidaknya tak menyamai catatan rekan-rekan di tim putri yang kalah dengan selisih 104 poin dari China.

Berikut jadwal lengkap perempat final bola basket putra Asian Games 2018 yang berlangsung Senin.

10.00 WIB Korea Selatan vs Filipina
12.30 WIB Iran vs Jepang
16.00 WIB Chinese Taipei vs Suriah
18.30 WIB China vs Indonesia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018