Jakarta (ANTARA News) - Iran sukses menghentikan perlawanan Jepang dalam perempat final Asian Games 2018 dan meraih kemenangan 93-67 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin.

Jepang harus tampil dengan delapan pemain tersisa di roster mereka, menyusul dipulangkannya empat penggawa sebagai buntut skandal indisipliner, namun mereka cukup memberi perlawanan terutama di dua kuarter awal pertandingan.

Mantan pemain Memphis Grizzlies, Hamed Ehdadi, kembali jadi bintang kemenangan Iran dengan catatan double-double 22 poin dan 15 rebound, diikuti 17 poin dan 6 rebound milik Sajjad Mashayekhi serta 16 poin dan 6 rebound dari kapten tim Mohammadsamad Nikkhahbahrami.

Di kubu Jepang, Naoya Kumagae mencetak 14 poin, Taichi Nakamura mencatatkan 13 poin dan 7 rebound serta Tenketsu Harimoto mengemas 13 poin.

Kemenangan itu mengantarkan Iran ke semifinal bertemu Korea Selatan di Istora GBK, Kamis (30/8), mengulangi pertemuan kedua negara di final edisi 2014.

Sementara Jepang bertemu Filipina dalam pertandingan pemeringkatan, di Hall Basket GBK, Selasa (28/8).

Baca juga: Lewati Filipina, basket putra Korsel melenggang ke semifinal

Iran segera melesat dan mengungguli Jepang 13-4 di separuh awal kuarter pertama, sebelum menutupnya dengan keunggulan tegas 11 poin dalam skor 25-14.

Jepang sempat mendekati raihan poin Iran dan memangkas jarak menjadi dua poin saat tembakan tripoin Tsuji di sisa waktu 5 menit 9 detik kuarter kedua mengubah skor 29-31.

Kendati demikian, Iran kembali melebarkan jarak saat menyudahi paruh pertandingan pertama dalam keunggulan 42-35.

Opsi rotasi Jepang kian terbatas saat Leo Vendrame mengalami masalah cedera, di paruh kedua pertandingan. Hal itu dimanfaatkan Iran yang merengkuh 51 poin lagi untuk memenangi pertandingan 93-67.

Baca juga: Jadwal perempat final basket putra hari ini

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018