Jakarta (ANTARA News) - Empat tim yang berstatus juara grup dalam fase penyisihan melaju ke babak semifinal bola basket Asian Games 2018, selepas rangkaian pertandingan perempat final berlangsung di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin.

Di laga perempat final pertama, Korea Selatan, yang menjuarai Grup A sukses menghentikan perlawanan runner-up Grup D, Filipina, dengan skor 91-82.

Ricardo Ratliffe kembali menjadi bintang kemenangan Korsel, dengan catatan double-double 30 poin dan 14 rebound, sementara Jordan Clarkson tetap tampil apik dengan membukukan 25 poin dan 8 rebound kendati gagal membawa Filipina menang.

Korsel akan menghadapi jawara Grup B, Iran, yang sukses mengalahkan Jepang dengan skor 93-67 di laga perempat final kedua.

Jepang yang sudah terlanjur pincang lantaran roster-nya hanya tersisa delapan poin memberikan perlawanan sebisanya, yang masih terlalu mudah untuk diatasi Iran.

Laga semifinal Korsel kontra Iran bakal menjadi ulangan final Asian Games 2014 silam, yang dimenangi Korsel, kala itu berstatus tuan rumah.

Di laga ketiga, Chinese Taipei, berhasil menampilkan karakter yang kuat untuk menumbangkan Suriah dengan skor 82-75 setelah tampil sangat gemilang di menit-menit terakhir pertandingan.

Jawara Grup C itu akan menantang Jawara Grup D, China, yang lolos ke semifinal usai menang mudah atas runner-up Grup A, Indonesia, dengan skor akhir  98-63.

Sementara para juara grup akan bertanding di semifinal, menuju perebutan medali emas hingga perunggu, para tim yang kalah di perempat final akan memasuki rangkaian pertandingan pemeringkatan untuk menentukan urutan 5-8 turnamen.

Urutan tersebut nantinya juga akan dipakai sebagai unggulan dalam undian grup di Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Berikut hasil lengkap perempat final bola basket putra Asian Games 2018 yang berlangsung Senin.

Korea Selatan 91 - Filipina 82 (Baca juga: Lewati Filipina, basket putra Korsel melenggang ke semifinal)
Iran 93 - Jepang 67 (Baca juga: Tim basket Iran hentikan delapan pemain Jepang di perempat final)
Chinese Taipei 82 - Suriah 75 (Baca juga: Basket putra Chinese Taipei taklukkan Suriah 82-75)
China 98 - Indonesia 63 (Baca juga: China ke semifinal basket putra usai menang mudah atas Indonesia)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018