Jakarta (ANTARA News) - Kazakhstan berhasil membayar kekalahan di laga pertama Grup X bola basket putri Asian Games 2018 dengan membekuk India 79-61 dalam pertandingan lanjutan yang berlangsung di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat.

Peningkatan agresivitas serangan menjadi kunci kemenangan Kazakhstan menghadapi India, dibandingkan saat mereka ditaklukkan Chinese Taipei di laga pertama, Rabu (15/8).

Kemenangan itu sekaligus menjaga asa Kazakhstan untuk melaju ke babak berikutnya dari Grup X, jika bisa meraih hasil positif saat menghadapi Indonesia dan Korea di dua pertandingan tersisa masing-masing pada Minggu (19/8) serta Selasa (21/8)

Sementara India masih memiliki tiga laga lagi untuk dijalani, yakni menghadapi Chinese Taipei pada Minggu (19/8), Korea pada Senin (20/8) dan Indonesia pada (Kamis (23/8).

Pemain yang bisa menempati posisi guard maupun forward, Tamara Yagodkina, jadi pencetak angka terbanyak dalam kemenangan Mongolia dengan 21 poin, didukung double-double 13 poin dan 11 rebound Nadezhda Kondrakova.

Selain itu, Zalina Kurazova dan Anna Vinokurova masing-masing turut menyumbangkan 16 poin dan 10 poin bagi Mongolia.

Bagi India, Skaria Jeena memimpin raihan angka dengan 15 poin, disusul 12 poin Stephy Nixon serta 11 poin Raspreet Sidhu.

Baca juga: Hantam Jepang, basket putri China puncaki Grup Y

Pelatih Kazakhstan, Evgenii Ovskiannikov, menurunkan Mariya Astapenko dan Olga Kolesnikova untuk mendampingi Yagodkina, Kondrakova serta Kurazova sebagai sekawan pemula di awal laga.

Sedangkan di kubu India, yang diasuh mantan penggawanya sendiri Shiba Maggon, menurunkan sekawa pemula berkomposisikan Sidhu, Madhu Kumari, Rajapriyadharshini Rajaganaspathi, Jeena serta Shireen Limaye.

Sempat saling balas angka di awal pertandingan, Kazakhstan menjauh 14 -4 lewat tembakan dua angka Astapenko di sisa waktu 4 menit 4 detik kuarter pertama.

Upaya India untuk mengejar hanya bisa memangkas jarak menjadi lima poin dalam kedudukan 13-18 di pengujung kuarter pertama kala tembakan tiga angka Limaye menemui sasaran.

Sebanyak 19 poin tambahan yang dikantongi Kazakhstan di kuarter kedua, berhasil memperlebar jarak keunggulan mereka menjadi 37-25 saat mengakhiri paruh pertama pertandingan.

India memberi perlawanan sengit di kuarter ketiga dengan mencetak 21 poin, namun Kazakhstan menjawabnya dengan 22 poin tambahan yang mereka peroleh demi menegaskan keunggulan 59-46.

Jarak 13 poin ketertinggalan bukan hanya tak mampu dikejar oleh India di kuarter pamungkas, melainkan menjadi kian jauh lantaran Kazakhstan mencetak 20 poin lagi untuk memastikan kemenangan 79-61.

Baca juga: Lewat "overtime", Chinese Taipei bekuk Korea 87-85

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018