Jakarta (ANTARA News) - Chinese Taipei menjejakkan satu kaki mereka di fase gugur bola basket putri Asian Games 2018 usai membekuk India 84-61 dalam laga lanjutan penyisihan Grup X di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

Hasil itu membuat tim besutan Albert Wagner menyapu bersih kemenangan di tiga pertandingan yang sudah dijalani dan menempati puncak klasemen sementara Grup X dengan raihan 6 poin.

Di laga pamungkas penyisihan Grup X, Taipei akan menghadapi tuan rumah Indonesia pada Selasa (21/8), dan akan memastikan diri lolos sebagai juara grup jika kembali meraih hasil positif.

Sebaliknya, bagi India, kekalahan itu kian menyulitkan ambisi mereka untuk melaju ke babak selanjutnya, lantaran lawan mereka di dua laga tersisa juga terbilang kuat yakni Korea pada Senin (20/8) dan tuan rumah Indonesia dua hari kemudian.

Kolektivitas menjadi kunci kemenangan Taipei di laga kali ini, lantaran setiap pemain yang melantai di pertandingan melawan India setidaknya mencetak dua poin.

Peng Szuchin memimpin daftar pencetak angka Taipei di laga tersebut dengan mengemas 14 poin, diikuti Yenyu Chen 13 poin dan kapten tim Pingjen Huang 11 poin.

Baca juga: Jadwal bola basket hari ini, putri Indonesia buru kemenangan perdana

Di kubu India yang hanya mencatatkan tingkat akurasi tembakan 34 persen, dibandingkan 43 persen milik Taipei, Rajapriyadharshini Rajaganapathi jadi pencetak angka terbanyak dengan 13 poin, disusul Raspreet Sidhu 12 poin dan Kaur Sangeeta 11 poin.

Unggul 33-28 atas India di paruh pertama pertandingan, Taipei melejit mengantongi 31 poin tambahan di kuarter ketiga yang 10 poin di antaranya disumbang oleh Peng Szuchin.

Selain berhasil meraup 31 poin, Taipei juga sukses membatasi raihan angka India hanya 17 poin demi menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 64-45.

Taipei berhasil mencetak 20 poin tambahan di kuarter pamungkas, meski Peng Szuchin menghabiskan periode 10 menit tersebut di atas bangku cadangan, untuk memastikan kemenangan 84-61 atas India saat bel tanda laga usai berbunyi.

Baca juga: 73 tahun Indonesia, Natasha Debby mau hadiahkan kemenangan kontra Kazakhstan

Baca juga: Hasil dan klasemen basket putri, Chinese Taipei puncaki Grup X

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018