Jakarta (ANTARA News) - Kazakhstan meraih peringkat kelima bola basket putri Asian Games 2018 usai mengalahkan Thailand 71-64 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat.

Nadezhda Kondrakova memimpin kemenangan Kazakhstan dengan catatan 17 poin, 7 rebound dan 4 steal, diikuti 14 poin dari Tamara Yagodkina, 13 poin milik Olga Kolesnikova serta 12 poin, 5 rebound dan 7 assist yang dibukukan Zalina Kurazova.

Bagi Thailand Kanokwan Prajuapsook jadi pencetak angka terbanyak lewat 19 poin dan 5 rebound, sedangkan Supavadee Kunchuan dan Thidaporn Maihom masing-masing menyumbangkan 11 poin.

Dengan demikian, Kazakhstan akan menjadi unggulan kelima untuk pengundian grup Asian Games 2022 di Hangzhou, China, sementara Thailand keenam.

Perolehan angka kedua tim berlangsung ketat di awal laga, namun Kazakhstan menjauh 11-5 atas Thailand lewat dua lemparan bebas Yagodkina di sisa waktu 6 menit 44 detik kuarter pertama.

Thailand menempel ketat Kazakhstan 15-17 saat menutup perolehan angka kuarter pertama dengan lay up dari Kunchuan.

Baca juga: Indonesia peringkat ketujuh basket putri setelah taklukkan Mongolia

Kuarter kedua mengalami periode nirpoin selama lebih dari dua menit awal, sebelum satu dari dua lemparan bebas Prajuapsook membawa Thailand mendekati raihan poin Kazakhstan 16-17 di sisa waktu 7 menit 35 detik.

Hal itu segera dijawab tembakan tripoin Oxana Ossipenko, yang menjadi titik tolak bagi Kazakhstan untuk mengoleksi 14 poin di kuarter kedua demi tetap memegang keunggulan 31-28 atas Thailand saat menyudahi paruh pertama pertandingan.

Thailand mengawali kuarter ketiga dengan meyakinkan, hingga berbalk unggul 36-34 lewat lay up Prajuapsook di sisa waktu 6 menit 59 detik.

Setelah terlibat saling kejar dan bergantian memimpin, Thailand berhasil menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 51-49 atas Kazakhstan lewat lay up buzzer beater Klanbut.

Sayangnya itu kali terakhir Thailand bisa memegang keunggulan di laga tersebut, sebab Kazakhstan berbalik memimpin lewat jump shot Kurazova di sisa waktu 6 menit 59 kuarter keempat.

Sejak itu, Thailand hanya bisa beberapa kali menyamakan kedudukan sampai akhirnya empat lemparan bebas menutup raihan poin Kazakhstan demi memenangkan pertandingan 71-64.

Baca juga: Basket putri Indonesia teguk pengalaman berharga

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018