Jakarta (ANTARA News) - China merengkuh kemenangan 83-66 atas Kazakhstan dalam laga pamungkas penyisihan Grup D bola basket putra Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis.

Kemenangan itu memastikan tim besutan Li Nan tersebut menjadi jawara Grup D dengan catatan dua kemenangan setelah di pertandingan sebelumnya mengalahkan Filipina 82-80.

China melangkah ke perempat final didampingi Filipina, sementara Kazakhstan yang tak sekali pun menangguk kemenangan harus rela jadi juru kunci klasemen sekaligus tersingkir dari turnamen.

Liu Zixhuan menjadi penyumbang angka terbanyak kemenangan China dengan raihan 18 poin, diikuti rekrutan anyar Dallas Mavericks Ding Yanyuhang 14 poin dan Zhao Rui 11 poin.

Penggawa Houston Rockets, Zhou Qi, yang sudah divonis empat kali foul harus rela tak banyak dimainkan di paruh kedua pertandingan dan hanya membukukan raihan 9 poin.

Sedangkan Abudushalamu Abudurexti hampir meraih double-double dengan catatan 9 poin dan 11 rebound.

Di kubu Kazakhstan kapten Rustam Yergali memimpin dengan meraih 15 poin, diikuti Anton Bykov yang mencetak 12 poin.

Baca juga: China juara Grup Y basket putri setelah bantai Hong Kong

Baca juga: Thailand kalahkan Mongolia, tapi kedua tim melangkah ke perempat final


Kazakhstan mengambil inisiatif menyerang dan tembakan tripoin Alexandr Zhigulin membuat mereka unggul di awal laga, namun dunk Wang Zhelin membuat kedudukan jadi imbang 5-5 dan sejak itu China melejit untuk berbalik memimpin 10-5 saat Sun Minghui sukses memainkan three-point play.

China yang terus melaju menutup kuarter pertama dengan keunggulan 26-18 atas Kazakhstan.

Pada kuarter kedua, Kazakhstan mulai memberikan perlawanan keras kepada China. Kazakhstan bahkan berhasil berbalik unggul 37-36 setelah Rustam Murzagaliyev melesakkan dua lemparan bebas di sisa waktu 23 detik.

Kendati demikian China tetap berhasil menutup paruh pertama dengan keunggulan tipis 38-37 atas Kazakhstan setelah Zhao Rui dilanggar dan ia sukses memanfaatkan dua kesempatan lemparan bebas yang didapatkannya.

Laga sempat berjalan ketat di awal kuarter ketiga, sebelum akhirnya China menjauh 52-41 lewat rentetan 11 poin tanpa balas di sisa waktu 5 menit 48 kuarter ketiga.

Upaya Kazakhstan mendekat tak membuahkan hasil, China malah terus memperlebar jarak keunggulan menjadi 20 poin  kala menyudahi kuarter ketiga dengan skor 69-49.

China yang memilih untuk tidak lagi menurunkan Zhou Qi lantaran empat foul yang sudah dideritanya, tetap berhasil tampil tenang di kuarter keempat dan membiarkan jarak keunggulan mereka terpangkas meski menyudahi laga dengan kemenangan 83-66.

Sebagai juara Grup D, China akan berhadapan dengan runner-up Grup A, yang masih diperebutkan oleh tuan rumah Indonesia dengan Kazakhstan, di babak perempat final pada Senin (27/8).

Baca juga: Hasil lengkap dan klasemen akhir Grup Y basket putri

Baca juga: Jadwal bola basket hari ini, penentuan nasib putri India-Indonesia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018