Jakarta (ANTARA News) - Pebasket Iran, Hamed Ehdadi, mengaku timnya sempat kesulitan beradaptasi dengan bola dan kondisi arena Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sehingga hanya bisa mencetak 60-an poin saat mengalahkan Suriah di satu-satunya pertandingan penyisihan Grup B bola basket putra Asian Games 2018.

Di laga tersebut, Iran berhasil mengalahkan Suriah 68-55, setelah kuarter pertama kedua tim sempat kesulitan mencetak poin dan berakhir hanya dengan skor 16-9 untuk keunggulan Iran.

"Setelah beberapa pekan kami tiba di sini, hanya berlatih dan berlatih karena ada perubahan negara peserta, akhirnya untuk pertama kali kami merasakan arena ini. Bola baru, arena baru, keranjang baru, cukup sulit bagi kami," kata Ehdadi selepas pertandingan, Sabtu.

"Di paruh awal kami kesulitan untuk mengendalikan bola untuk meraih poin, namun di paruh kedua perlahan semuanya membaik, serangan kami juga," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Iran menangi pertandingan tunggal Grup B basket putra

Pebasket yang sempat berkarier di NBA bersama Memphis Grizzlies dan Phoenix Suns itu membukukan double-double 12 poin dan 10 rebound saat Iran menang.

Namun, Ehdadi menekankan ia dan rekan-rekannya perlu bekerja lebih keras untuk membiasakan diri dengan kondisi lapangan dan bola agar bisa mencetak lebih banyak poin lagi di perempat final.

"Ya, bola baru, agak sedikit licin awalnya pasti ketika kami belum terbiasa. Kami harus bisa membiasakan diri untuk itu," katanya.

"Saya pikir kami harus bekerja keras untuk melakukan lebih banyak hal lagi, karena kami hanya mencetak 60-an poin, seharusnya bisa lebih. Dan kami harus bekerja lebih keras untuk itu. Pertahanan kami baik, serangan kami baik, tapi bisa lebih baik lagi," ujar Ehdadi menambahkan.

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup B, grup terminimalis di basket putra

Iran lolos ke perempat final sebagai jawara Grup B dan akan menghadapi runner-up Grup C yang masih ditentukan hasil laga antara Qatar kontra Chinese Taipei pada Jumat mulai pukul 16.00 WIB.

Ehdadi menekankan ia dan rekan-rekannya harus siap menghadapi siapapun, mengingat semua tim yang tersisa pasti merupakan tim terbaik yang ada di Asian Games 2018.

"Semua tim kuat. Semua tim yang baik. Sekarang ada delapan tim dan kami harus siap melawan siapapun," pungkasnya.

Seluruh laga perempat final bola basket putra akan dilangsungkan di Hall Basket GBK pada Senin (27/8).

Baca juga: Jadwal basket putra hari ini, dua tiket perempat final diperebutkan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018