Jakarta (ANTARA News) - Penonton Asian Games 2018 meminta panitia memperbanyak area parkir kendaraan bermotor di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, karena lokasi parkir yang ada saat ini dinilai tidak memadai.

Rizka Kharina, warga asal Jakarta Selatan, Minggu, mengatakan dirinya harus berputar-putar di kawasan GBK selama 30 menit untuk mencari tempat parkir motor.

Akhirnya, karena sudah lelah, Rizka memakir motornya di tempat parkir umum yang terletak di belakang pusat perbelanjaan Senayan City. Karena jarak antara lokasi parkir dan tempat penjualan tiket relatif jauh, Rizka akhirnya kehabisan tiket untuk pertandingan cabang olahraga favoritnya, yakni bulu tangkis dan bola basket.

"Dari Senayan City, saya jalan kaki ke pintu 5 GBK untuk membeli tiket. Udah jauh, panas pula," ujar Rizka ditemui di Pintu 5 GBK.

Rizka awalnya mencoba untuk memakir kendaraan di Stasiun TVRI, namun antrean yang cukup panjang untuk masuk parkir ke Stasiun TVRI, membuat dia mengurungkan niatnya.

Senada dengan Rizka, penonton lainnya dari Serpong, Tangerang Selatan, Disty Lathif, mengeluhkan beberapa kantong parkir yang hanya dibuka saat pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8) kemarin, dan sekarang sudah ditutup.

Awalnya, Disty ingin memarkir kendaraannya di Gedung Manggala Wanabhakti seperti saat dia menghadiri pembukaan Asian Games, Sabtu kemarin. Namun, area parkir di Manggala Wanabhakti ditutup tanpa ada sosialisasi sebelumnya.

"Saya akhirnya memutar di kawasan GBK untuk mencari area parkir, dan habis waktu satu jam, karena banyak sekali penutupan jalan seperti di putaran Jalan Gatot Subroto dan persimpangan di samping Hotel Fairmont," ujar dia.

Disty mengimbau Panitia Pelaksana INASGOC menambah jumlah area parkir yang dekat dengan kawasan GBK. Saat ini, area parkir yang dekat dengan GBK hanya di Stasiun TVRI dengan kapasitas minim. Biaya untuk parkir pun diharapkan dapat lebih murah.

"Mau naik kendaraan umum agak sulit bagi masyarakat seperti saya yang datang dari luar Jakarta," ujar dia.

Saat acara pembukaan Asian Games, Sabtu (18/8), Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta serta INASGOC sudah menyiapkan 12 area parkir bagi pengendara.

Namun ke-12 lokasi itu tersebar di wilayah DKI Jakarta, seperti di lapangan IRTI Monumen Nasional dan arena Pekan Raya Jakarta. "Kami berharap area parkir kendaraan di kawasan GBK ini diperbanyak, tidak hanya mengandalkan lokasi parkir yang berada di Gedung TVRI, pusat perbelanjaan FX Mall dan Ratu Plaza atau kawasan SCBD.

(I029/E009)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018